Minggu, 25 November 2012

Susunan Atom dan Rumus Penghitungan Elektron Atom

Hey, guys
hari ini gue mau njelasin soal fisika
gimana kalian tau, tentang atom ?

bagi yang gak tau, ini contoh susunan dari atomnya











dan gue mau ngasih tau cara penghitungan elektron atom
karena banyak yang salah menghitung nya (termasuk guru gue)
aku kasih tau aturan penghitungan atom dulu ya!
Rumus jumlah maksimal elektron dalam kulit atom : 2n2
Penjelasan : n : nomor kulit atom (lihat gambar atas,kulit pertamanya yang memiliki 2 buah elektron)  
Aturan 1 : Jumlah maksimal atom ditentukan rumus diatas
Aturan 2 : Jumlah maksimal kulit elektron pada kulit terluar adalah 8
Aturan 3 : Jika jumlah kulit terluar lebih dari 8, maka isilah kulit ini sejumlah elektron  pada kulit sebelumnya
                Kelebihan atomnya dapat mengisi kulit berikutnya.
Contoh : 20Ca = 2 8 8 2
Penjelasan : seharusnya 2 8 10, tapi kulit terluar tidak boleh di isi lebih dari 8. jadi kita mengikuti aturan 3

Sekian dari saya jika ada yang tidak mengerti silahkan di komentari
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar